2 April 2012

Profil Pelatih EURO 2012 - Grup A

Pagelaran EURO 2012 tidak lama lagi akan segera bergulir, beberapa negara telah menyiapkan juru taktik sebagai salah satu tokoh utama untuk membawa timnya menjadi juara. Berikut ini beberapa profil pelatih yang akan beradu taktik dalam pagelaran yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini.

Profil pelatih dari Grup A yang terdiri dari Polandia, Yunani, Rusia, Rep. Ceko.

POLANDIA
Franciszek Smuda

Franciszek Smuda adalah salah satu pelatih yang saat ini menunggangi tim Polandia diajang EURO 2012. Franciszek Smuda sebelum nejadi seorang pelatih mengawali karirnya sebagai pemain sepak bola pada posisi bek, mayoritas karirnya dihabiskan di Polandia dan Amerika Serikat.

Franciszek Smuda terpilih menggantikan Leo Beenhaker pada bulan Oktober 2009 setelah pelatih asal itu Belanda gagal mengantarkan Polandia ke Piala Dunia 2010.

Salah satu prestasi terbaiknya adalah Smuda berhasil mengatarkan klub Widzew Lodz menjadi juara pada tahun 1999. Selain itu Smuda juga berhasil membawa Lech Poznan menjadi juara Piala Polandia pada tahun 2009

YUNANI
Fernando Santos

Fernando Santos menerima beban mental yang cukup berat dimana tim yang sering mendapat sebutan negeri para dewa untuk tampil maksimal seperti prestasi yang ditorehkan oleh pelatih terdahulu mereka Rehhagel dengan memberikan hadiah gelar juara EURO 2004.

Fernando Santos membuktikan dengan baik dimana dalam 17 partai awal dibawah kepemimpinannya Yunani tidak pernah menderita kekalahan.

Salah satu prestasi dari Fernando Santos adalah dirinya mampu membangkitkan klub Liga Yunani, PAOK dari keterpurukan sebelum akhirnya bergabung bersama timnas.

RUSIA
Dick Advocaat

Dick Advocaat diharapkan dapat mengikuti jejak dari Guus Hiddink yang pada 2008 mampu mengantarkan Rusia menembus babak empat besar sebelum dikalahkan Spanyol.

Dick Advocaat memiliki catatan yang cukup baik selama menjabat menjadi pelatih di klub Zenit St Petersburg. Akan tetapi langkah Dick tidak dalam membawa Rusia lolos ke EURO 2012 tidaklah semuda membalikkan telapak tangan ia sering menuai kritik-kritik pedas lantaran penolakan dirinya untuk memainkan pemain-pemain muda Rusia serta masalah bahasa.

REP. CEKO
Michal Bilek

Michal Bilek adalah salah satu pelatih muda didalam pagelaran EURO 2012 ini. Dengan Usia yang masih belum mencapai 50 tahun dirinya terpilih menjadi pelatih dari tim Rep. Ceko yang kini telah berdiri sendiri. Ia terpilih menggantikan Ivan Hasek pada Oktober 2009.

Karir Bilek dalam debut Internasionalnya juga terbilang masih baru seumur jagung lantaran sebelum menangani timnas Rep. Ceko dirinya hanyalah pelatih dari timnas U-19 Rep. Ceko yang praktis menimbulkan tanda tanya besar bagi para pengamat bola. (kpl/bola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT