27 Mei 2012

Euro Stars: Mario Goetze, Messi-nya Jerman

Tidak diragukan lagi bahwa pemain muda yang sedang bersinar, Mario Goetze, merupakan "Lionel Messi dari Jerman", dan meski ia dililit cedera pada 2012, pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, berkata bahwa ia berencana untuk memberi peran kunci pada Goetze di Euro 2012.

Goetze baru akan berusia 20 tahun pada 3 Juni, enam hari sebelum Jerman memulai perjalanan mereka di Grup B dengan menghadapi Portugal di Lviv, Ukraina.

Setelah bergabung dengan klub di kota kelahirannya saat berusia delapan tahun, ia melakukan debut Liga Jermannya pada November 2009 dan menjadi bagian dari tim Borussia Dortmund yang menjuarai Liga Jerman pada dua tahun terakhir.

Pada Oktober 2010, Goetze menjadi pemain Jerman termuda kedua sepanjang sejarah yang melakukan debutnya, hanya lima bulan setelah ia berusia 18 tahun.

Visi yang bagus, dan kemampuan untuk menempatkan rekan-rekan setim ke dalam posisi untuk mencetak gol, dengan kemampuan operan yang bagus, gelandang serang ini telah membuktikan bahwa ia dapat memimpin serangan Jerman, meski ia masih minim pengalaman. Ia mengumumkan kedatangannya pada Agustus silam dengan dua performa mengagumkan.

Tampil memukau pada pertandingan pembuka musim Dortmund, saat timnya menghancurkan Hamburg dengan skor 3-1, Goetze mencetak satu gol dan menciptakan peluang untuk gol lainnya, sehingga harian Jerman menuliskan judul berita "Goetzlich", yang merupakan permainan kata yang bermakna "istimewa" dalam bahasa Jerman.

"Kami memanggilnya "Goetzinho," kata gelandang Dortmund, Sven Bender. "Ia menaikkan standar terhadap hal-hal di sekitarnya, ia mengontrol bola layaknya ia memiliki magnet di kakinya."

Lima hari setelah mengalahkan Hamburg, Goetze melakukan pertandingan perdananya untuk Jerman, dan mengorkestrasi kemenangan 3-2 pada laga persahabatan melawan Brazil di Stuttgart, saat ia menaklukan para pemain dari Amerika Selatan tersebut dan mencetak gol internasional pertamanya.

Ia melanjutkannya dengan gol terakhir saat Jerman menang 6-2 atas Austria pada awal September, untuk mengonfirmasi tempat Jerman di Euro 2012.

"Ia mustahil untuk dihentikan. Anda tidak bisa mendapatkan yang lebih baik daripada dirinya," kata mantan pelatih dan kapten Jerman, Franz Beckenbauer. "Kemampuannya seperti Lionel Messi, begitu juga pemahamannya terhadap pertandingan dan teknik."

"Di atas semuanya, ia bermain dengan insting - serupa dengan Messi." Beckenbauer tidak sendiri: Matthias Sammer, direktur teknik Federasi Sepak bola Jerman (DFB), bahkan berkata bahwa Goetze adalah salah satu bakat sepak bola terbaik yang dimiliki Jerman.

"Ia adalah pemain istimewa: cepat, kreatif dan dengan kemampuan teknik luar biasa," kata Sammer. "Ia adalah salah satu pemain paling berbakat yang pernah kami miliki."

Namun Goetze - yang performanya telah membuat dirinya mendapat kontrak senilai 1,5 juta euro dengan produsen pakaian olahraga, Nike, serta menarik minat beberapa klub papan atas Eropa - datang ke Euro 2012 dengan kondisi kebugaran yang kurang ideal.

Cedera sobek pada otot dan masalah pada pangkal paha, telah memaksanya absen selama empat bulan di awal 2012. Ia terlibat pada semua pertandingan Dortmund di tiga laga terakhir liga, dan Loew telah berkata bahwa Goetze akan memainkan peran kunci dalam rencananya untuk membawa pulang trofi Euro ke Jerman setelah absen selama 16 tahun, dan bukan akan berperan sebagai pemain pengganti.

"Goetze hanya bersama kami selama setahun, namun bermain seolah-olah ia selalu menjadi bagian dari tim ini. Saya pikir keduanya dapat bermain lebih dari sekedar peran pemain cadangan di kejuaraan Eropa," kata Loew.

"Saya telah bekerja dengan banyak (pemain) pemuda, namun tidak seorang pun pernah bermain dengan rasa percaya diri di tim nasional."

Ayah Goetze, Juergen, merupakan seorang profesor di Universitas Teknik Dortmund. Ia mencapai posisi tersebut di Amerika Serikat, ketika anaknya lahir, dan mengakui bahwa ia awalnya ingin agar Mario bermain tenis.

Sang pemain adalah salah satu anggota pertama timnas yang lahir saat Jerman bersatu, dan dengan tinggi hanya 171 cm dan berat 64 kg, kemampuan Goetze merupakan kompensasi atas fisiknya yang kecil. (afp/lex)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT