31 Desember 2011

Nico Dimo: Saya Sambut Ide Liga Papua

Kompetisi yang teratur akan melahirkan banyak bakat baru...

 

 

Wakil Sekretaris Pengprov PSSI Papua Nico Dimo menyambut baik upaya Emsyk Uni Papua  dan Aliansi Jurnalistik Independen(AJI) Jayapura dalam menggagas diskusi panel bertajuk 'Lupakan Kisruh PSSI dan Tatap Liga Papua' sangat positif. Menurut dia, semua rencana dan gagasan sangat baik asalkan jangan sampai bertentangan dengan PSSI."Walau demikian saya sangat merespon pelaksanaan Liga Papua 2012 dan menyambut ide Liga Papua asalkan tak bertentangan dengan PSSI," tutur Nico Dimo. Dia menambahkan kompetisi Liga Papua sangat penting agar melahirkan banyak pemain-pemain muda masa depan sepakbola Papua dan Indonesia.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Hofni Simbiak mengatakan rencana kompetisi Liga Papua sangat sesuai dengan status UU Otsus Papua yaitu kewenangan untuk mengatur kompetisi sesuai dengan kebijakan khusus di Papua.

"Memang sepakbola di Papua termasuk hak-hak dasar masyarakat Papua karena berbicara soal harga diri. Oleh sebab itu gagasan Liga Papua bisa berjalan tanpa mengabaikan aturan yang berlaku," tutur Simbiak yang juga mantan manajer Perseman Manokwari era 1990an.

Bagi Benny Pepuho Direktur Akademi Sepakbola Emsyk Uni Papua mengatakan gagasan Liga Papua lebih menitik beratkan kepada kompetisi usia muda baik U-12, U-16 dan U-18.


"Kami tidak akan menabrak kompetisi yang ada tetapi anak-anak perlu mengikuti kompetisi agar banyak jam terbang dan juga melahirkan banyak pemain masa depan," tambah Pepuho seraya menambahkan selama ini kompetisi PSSI berjalan baik Suratin Cup, Piala Menpor dan festival sepakbola anak-anak Danone tetapi liga khusus di Papua tak pernah berlangsung.

Hal senada dikatakan Johanes Songgonao pelatih kepala Akademi Sepakbola Emsyk Uni Papua kalau di Jawa Timur ada Liga Jatim kenapa di Papua tak ada Liga Papua.

"Liga Papua penting agar mampu melahirkan mental bertanding bagi talenta muda Papua," tutur Songgonao. Apalagi lanjut dia kompetisi yang berjenjang dalam Liga Papua diharapkan menggairahkan sepakbola di Papua agar cita-cita menjadi gudang pemain bola benar-benar bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT