20 Januari 2012

Afrika Hajatan Lagi

Jakarta - Setelah dua tahun lalu menggelar Piala Dunia, akhir pekan ini Benua Afrika akan kembali menggelar pesta sepakbola mereka sendiri, yakni Piala Afrika. Siapa juaranya kali ini?

Perhelatan Piala Afrika edisi ke-28 ini akan dihelat di Gabon dan Guinea Ekuatorial mulai 21 Januari hingga 12 Februari. Ada 16 negara peserta yang dibagi ke dalam empat grup.

Sayang di perhelatan Piala Afrika tahun ini terasa kurang lengkap tanpa kehadiran juara bertahan Mesir yang gagal lolos dari kualifikasi. Tak hanya Mesir, tim-tim tradisional macam Kamerun, Nigeria, Aljazair dan Afrika Selatan pun mengalami nasib serupa.

Ketidakberadaan tim-tim di atas boleh jadi akan memuluskan langkah dua favorit utama, Pantai Gading serta Ghana, untuk bertemu di final. Selain keduanya ada Maroko, Senegal dan Mali yang bisa jadi penghadang.

Seperti biasa perhelatan Piala Afrika yang digelar di awal tahun ini kerap dikeluhkan oleh para pelatih-pelatih klub Eropa yang menggunakan jasa legiun asal Afrika, terutama di Liga Prancis dan Inggris.

 Contohnya saja adalah Manchester City yang harus kehilangan Yaya Toure dan Kolo Toure yang lebih memilih membela negara, ketimbang tetap membantu tim yang kini tengah berada di puncak klasemen.

Meski euforianya tidak sebesar Piala Dunia yang digelar lalu, namun tetap saja Piala Afrika kali ini tetap menarik untuk disimak dengan kejutan-kejutan yang mungkin muncul.http://www.beritabola.com

Grup A
Guinea Ekuatorial
Libya
Senegal
Zambia

Grup B
Pantai Gading
Sudan
Burkina Faso
Angola

Grup C
Gabon
Niger
Maroko
Tunisia

Grup D
Ghana
Botswana
Mali
Guinea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT