2 Januari 2012

SPESIAL: Tim Terbaik U-23 Asia 2011

Ji Dong-Won, Sunderland
Getty Images
Tim Terbaik Asia U-23 2011

Formasi: 4-4-2



Kiper - Khairul Fahmi Che Mat
Kelantan FA dan Malaysia

Khairul Fahmi Che Mat dikenal sebagai ikon sepakbola Malaysia pada tahun 2011 dengan penampilan gemilangnya di level klub dan timnas. Pemain berusia 22 tahun mengantarkan Kelantan menjuarai Liga Super Malaysia, dan juga menjadi figur penting saat Malaysia menjuarai SEA Games.

Dia juga terpilih menjadi pemain terbaik Malaysia 2011 dan pemain yang disebut sebagai kiper terbaik di Asia Tenggara tersebut diyakini akan terus melanjutkan karir cemerlangnya di tahun 2012.

Bek Kanan - Hiroki Sakai
Kashiwa Reysol dan Jepang

Baru berusia 21 tahun, Hiroki Sakai sudah dianggap sebagai salah satu mutiara di Jepang. Sakai berkontribusi besar mengantarkan Kashiwa Reysol menjuarai liga, dan membuat posisinya semakin tidak tergantikan.

Sakai melakukan debutnya di timnas Jepang U-22 pada tahun 2011, ia mencetak satu gol dari tujuh penampilan sejauh ini. Bahkan Sakai terpilih menjadi pemain muda terbaik Liga Jepang menyusul penampilannya konsistennya.

Bek Tengah - Rhys Williams

Middlesbrough dan Australia


Absen karena cedera panggul selama 11 bulan pada tahun 2010 dan juga di awal 2011, tetapi sejak kembali bermain pada bulan Maret, Rhys Williams membantu Middlesbrough lolos dari jeratan degradasi dengan performanya yang apik, dan sekarang dia dikabarkan diincar oleh Bolton Wanderers.

Dia telah menjadi pemain kunci di Middlesbrough yang mengincar promosi di musim ini, dia juga telah mengamankan posisi reguler di timnas Australia.

Bek Tengah - Fadhli Shas

Harimau Muda A dan Malaysia


Fadhli Shas menjadi bagian dari timnas Malaysia U-23 yang mendapatkan banyak pujian di tahun 2011. Dia menjadi pemain penting timnas Malaysia U-23 yang berhasil melaju ke babak final kualifikasi Olimpiade dan yang berhasil meraih medali emas SEA Games.

Ketangguhannya di lini belakang membuat klub Slovakia Vion Moravce merekrutnya dengan status pinjaman selama tiga bulan tahun lalu. Bek berusia 20 tahun tersebut akan menjadi prospek cerah untuk Malaysia di lini belakang.

Bek Kiri - Ehsan Hajsafi

Sepahan/Tractor Sazi dan Iran

Pemain berusia 21 tahun yang dapat bermain sebagai bek dan gelandang ini tampil mengesankan untuk klub dan timnas sepanjang tahun 2011. Ia berperan penting saat Iran mengantar Iran mencapai perempat-final Piala Asia sebelum memenangkan gelar juara liga bersama Sepahan.

Hajsafi hengkang ke Tractor Sazi pada awal musim 2011/12 dan dia tetap menunjukkan performa konsisten di klub barunya tersebut. Ia juga bermain dengan baik saat memperkuat Iran di ajang Pra-Piala Dunia.

Gelandang Kanan - Hiroshi Kiyotake

Cerezo Osaka dan Jepang
Hiroshi Kiyotake sangat terasa kehadirannya di lini tengah Cerezo Osaka, dia benar-benar menjadi ancaman untuk lawan-lawan timnya. Dia juga bermain sangat impresif saat mengantarkan Jepang menjadi juara grup di babak terakhir kualifikasi Olimpiade.

Buah dari performanya di Liga Jepang, dia termasuk dalam tim terbaik Liga Jepang 2011.

Gelandang Tengah - Ki Sung-Yueng

Celtic dan Korea Selatan


Tidak perlu menjelaskan penunjukan Ki Sung-Yueng sebagai salah satu pemain terbaik karena sejauh ini dia salah satu gelandang terbaik yang dimiliki oleh Korea Selatan. Ketangguhan dan ketenangannya, membuat kehadiran Ki di timnas Korea Selatan menjadi tidak tergantikan dan dia juga membuat Celtic mampu bersaing ketat di Liga Primer Skotlandia.

Berkat performanya yang menawan tahun ini, Ki terpilih menjadi pemain terbaik Korea Selatan 2011 oleh fans.

Gelandang Tengah - Odil Ahmedov

Anzhi Makhachkala dan Uzbekistan

Odil Ahmedov layak masuk ke dalam daftar setelah gelandang muda tersebut bermain konsisten di Piala Asia untuk negaranya. Dia sangat tangguh sebagai gelandang bertahan dan mencetak satu gol di turnamen tersebut.

Hengkang ke klub Rusia Anzhi pada bulan Ferbruari, dia telah menjadi pemain reguler di klub tersebut, sehingga dikabarkan dilirik oleh Arsenal. Dia juga terpilih menjadi pemain terbaik Anzhi tahun 2011.

Gelandang Kiri - Andik Vermansyah

Persebaya 1927 dan Indonesia

Disebut sebagai Lionel Messi Indonesia, Andik Vermansyah menjadi pemain andalan bagi Persebaya dan timnas U-23. Pemain berusia 20 tahun tersebut juga menunjukkan potensi besar saat bermain menghadapi LA Galaxy dalam laga uji coba, di mana David Beckham memberi pujian untuknya.

Performanya yang cemerlang dikabarkan membuat beberapa klub Eropa, seperti Benfica, tertarik untuk mendapatkannya.

Striker - Ji Dong-Won

Chunnam Dragons/Sunderland dan Korea Selatan
Pemain berusia 20 tahun ini mencuat sebagai striker andalan timnas Korsel di Piala Asia, di mana dia mencetak empat gol dan membawa negaranya menempati peringkat ketiga. Hal tersebut membuat Sunderland memutuskan untuk meminang Ji Dong-Won.

Di Liga Primer Inggris, ia tampil beberapa kali untuk The Black Cats, dan dia berhasil mencetak satu gol (menghadapi Chelsea) sepanjang tahun 2011 di Inggris.


Striker - Jeje Lalpekhlua

Pune FC dan India

Jeje Lalpekhlua menampilkan performa menawan bersama Indian Arrows di musim 2010/11, di mana dia meraih gelar top skor di Liga india. Dia juga mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik 2011 hingga akhirnya bergabung dengan Pune FC dan dipanggil ke timnas.

Di timnas India, Jeje tidak kehilangan ketajamannya, dia mencetak empat gol dalam tiga penampilan di kualifikasi Piala Asia.

CADANGAN


Kiper Bek Bek Gelandang

Neil Etheridge (PHI)

M. Muzeper (CHN)

Hong Chul (SKO)

Saad Abdul-Amir (IRQ)
Gelandang Striker Striker

Seo Jung-Jin (SKO)
Karim Ansarifard (IRN)
Zhang Chengdong (CHN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT