26 Januari 2012

Ikuti Madrid, Barca Juga Bangun Akademi di Indonesia

 
Kabar gembira bagi pecinta klub raksasa Spanyol, FC Barcelona dan juga tentunya bagi persepakbolaan Indonesia, klub Catalan tersebut akan mendirikan akademi sepak bola bernama FCB Escola di Indonesia.

Sebelumnya, rival abadi Barca, Real Madrid juga bakal membangun sekolah sepakbola (SSB) di Indonesia, tak tanggung-tanggung, rencananya tujuh ssb bakal didirikan di Indonesia, yang pembangunannya bakal dimulai pada tahun ini. Dan, hal yang sangat berguna bagi persepakbolaan Indonesia tersebut juga ditiru oleh rival mereka.

Akademi FCB Escola milik Barca ini rencananya akan berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor, yang akan mulai dibuka pada September tahun ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Marketing Threesixty Sport, Dario Gambit Fauri, dalam penerimaan siswanya, akademi yang berdiri berkat kerjasama dengan pihak Threesixty sport, Excellion Analytics dan FC Barcelona ini akan membatasi sekitar 250 anak setiap tahunnya yang terdiri dari umur antara 5-11 tahun dan umur 12-18 tahun.

Ditambahkan Dario Gambit,  program pelatihan akademi yang akan secara langsung menguikutsertakan sejumlah staf Barca ini bertujuan untuk memberi kesempatan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan bakat dan keterampilan mereka dalam sepak bola dan juga menciptakan pemain masa depan Indonesia yang bertalenta.

"Jadi target dengan adanya akademi ini adalah dalam 10 tahun lagi angkatan pertama pendidikan di FCB Escola Indonesia akan masuk ke empat besar Asia, dan akan mendapatkan tiket Piala Dunia untuk tahun 2026," ujar Dario saat jumpa pers di Hotel Indonesia Kempinski.

"Dan ini tentunya ini adalah kebanggaan bagi Indonesia, karena akan menjadi satu-satunya negara yang memiliki akademi FC Barcelona yang ada di luar Spanyol," tambahnya.

Sementara itu, menurut Project Direktur FC Barcelona, Xevi Merce, akademi ini nantinya juga bertujuan untuk membangun karakter anak melalui sepak bola.

"Kami tentunya akan menyesuaikan diri dengan kebudayaan di Indonesia, mulai dari sistem pendidikan hingga pola latihan. Sehingga anak-anak dapat menghasilkan mental baik di lingkungan sosial untuk tahu menang dan kalah," ujar Xevi.

"Kami tentunya akan terlibat secara maksimal untuk program ini, dan akan ada staf Barcelona yang akan tinggal di sini, jadi keterlibatan Barcelona secara maksimal. Kami juga akan memberikan beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu," ungkapnya.

Barca memang akan menyediakan tempat untuk sekitar 12 hingga 20 anak Indonesia yang memiliki bakat untuk mendapatkan beasiswa. Tak hanya itu, siswa di akademi ini juga akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti summer camp, seminar, klinik pelatihan di Camp Nou selama dua minggu, dan menonton El Clasico secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://monozcore.blogspot.com/2011/08/blog-widget-burung-terbang-twitter.html#ixzz1kBvSs6XT